PEMERINTAHAN DAERAH

PEMERINTAHAN DAERAH

Dian Iskandar

 Konsep pemerintahan daerah berakar dari eropa dan telah ada sekitar abad ke-11 dan ke 12. Ide mengenai pemerintahan daerah muncul seiring lahirnya commune yang merupakan suatu pengelompokan alamiah dari penduduk yang tinggal pada suatu wilayah tertentu, dengan kehidupan yang kolektif serta memiliki persamaan minat dan perhatian terhadap berbagai hal. (bourjol dan bodard, 1984).

Pemerintahan daerah sendiri merupakan suatu institusi yang diciptakan oleh negara dan hanya akan exist jika negara menginginkannya. Institusi ini diciptakan untuk memberikan layanan secara spesifik berdasarkan area atau wilayah yang retalif kecil.

Menurut hoessein (2001) pemerintahan daerah memiliki tiga makna. Pertama, local authority yang mengacu pada organ , yakni dprd dan walikota dimana recruitment pejabatya dilakukan melalui election. kedua pemerintahan daerah mengacu pada fungsi yang menjadi kewenangan  daerah dengan tujuan peenuhan kebutuhan daerahnya sebagaimana yang ditentukan ole para pengambil keputusan. Ketiga, daerah otonom, berhak mengatur daerah sendiri namun tidak berdaulat.

Ciri-ciri pemerintahan daerah:

  1. Wilayah yang dibatasi
  2. Sebuah populasi
  3. Otoritas untuk menjalankan pemerintahan umum dan pembangunan
  4. Mendapatkan PAD
  5. Membuat peraturan-peraturan daerah

Mengapa pemerintah daerah harus ada?

  1. Sebagai organ yang menjalankan fungsi pelayanan public untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
  2. Untuk meningkatkan sistem komunikasi yang cepat dan langsung, memperbaiki transportasi yang lebih baik.
  3. Mempercepat pertumbuhan ekonomi
  4. Membuat suatu kepemimpinan politik dan adminstrasi menjadi lebih efisien.

Pentingnya pemerintah daerah didorong oleh beberapa factor:

  1. Karena adanya perbedaan masing-masing daerah. oleh karena itu lokalitas menjadi kekuatan agar hadirnya pemerintah daerah. masing-masing daerah memiliki basis etnis, bahasa, sejarah, agama, nilai dan norma yang berbeda, selain itu, kepadatan penduduk yang tidak sama, kebutuhan masyarakat yang berbeda-beda, serta minimnya sumberdaya yang tersedia ditengah masyarakat. dengan adanya perbedaan-perbedaan tersebut, pemerintahan pusat tidak bisa melakukan generalisir terkait dengan pemenuhan kebutuhan masyarakat yang heterogen.
  2. Kontak dengan warga. Interaksi yang terjadi antara pemerintahan daerah denngan masyarakatnya bisa menjadi sangan intensif. Hal ini memberikan keuntungan sendiri bagi pemerinth daerah (pimpinan daerah) karena bisa mengajak masyarakat berpartisipasi dalam menentukan dan merumuskan kebutuhan prioritas dan krusial untuk daerah tersebut. disatu sisi dapat meminimalisir kekeliruan kebijakn yang dibuat karena pemerintah daerah memiliki pemahaman yang lebih spesifik terhadap kondisi-kondisi yang terjadi ditengah masyarakat.
  3. Administrasi yang efisien. Pembuatan keputusan menjadi lebih efisien karena pemeritah daerah dapat membuat keputusan sebagai respon terhadap problematika yang ada dimasyarakat. Serta memberikan ruang yang luas kepada masyarakat dalam mempengarui dan berpartisipasi dalam pengambilan keputusan, dalam urusan umum yang tidak bisa diakomodasi oleh pemerintah pusat.

Jika ditarik benang merah dari pembahasan diatas, dapat disimpulkan bahwa pemerintah daerah merupakan alat bagi pemerintah pusat dan masyarakat. bagi pemeintah pusat, pemerintahan daerah alat untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya. Sementara itubagi masyarakat, pemerintah daerah menjadi alat untuk mendapatkan kesejahteraan hidup bersama sebagaimana yang direncanakan dan diprogramkan bersama.

 Referensi

  • H Sarundajang. 2001. “Pemerintahan Daerah Di Berbagai Negara Sebuah Pengantar: Tinjauan Khusus Pemerintahan Daerah Di Indonesia Perkembangan, Kondisi Dan Tantangan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan
  • The world bank. 2006. “Local Governance In Developing Countries”. Washington D.C.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s