POWER

POWER

Teori Pendistribusian Power

Pertama yaitu Pluralist Theories Power. Dalam sebuah society terdapat bemacam macam kelompok (baik interest group, partai politik dan lainnya) yang saling berkompetisi. Tapi karena tidak adanya satu kelompok yang dapat mendominasi seluruh kelompok yang ada karena adanya checks and balances. Maka “plurality” dari kelompok tersebutlah ya menjadi karakteristik dari society tersebut. Teori kedua adalah Elite Theories. Teori ini mengedepankan adanya persaingan antar elit. Kekuatan elit ditunjukan dengan kemampuan elit tersebut untuk memaksa keingginanya kepada seluruh society. Elites theories berasal dari dua bentuk teori power, yaitu theory of circulating elites dari mosca dan pareto. Serta power elites theory dari C. Wright Mills.

Rulling class theory adalah teori pendistribusian power yang ketiga. Berdasarkan masxist teori ini berpendapat bahwa power pada dasarnya berasal dari pemilik dan yang mengontrol kegiatan ekonomi. Sementara itu political power lebih dari “kepemilikan”. Maka dari itu kita dapat mengidentikasikan bahwa Rulling Class tidak hanya mengontrol produksi, disitribusi dan pertukaran dalam masyarakat kapital, dan tetapi juga mendominasi dan mengkontrol institusi dari political power tersebut.

Parson View Of Power

Parson menyatakan bahwa power tidak konstan. power seharusnya di mengerti dengan “variable-sum”. Berarti bahwa power itu berbeda dalam setiap society. Parson berpendapat bahwa “power is something possessed by society as a whole”. Selain itu ia mengemukakan bahwa power adalah social resource, yang merepresentasikan kemampuan untuk menggerakan sumberdaya yang ada dimasyarakat untuk mencapai tujuan sosial.

Dian Iskandar

Sumber :
“A” Level sociology, A Resource-Based Learning Approach : Power And Politic

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s