Mengapa Harus Ada Partai Politik?

Mengapa Harus Ada Partai Politik?

Dian Iskandar

Mengapa harus ada partai politik? pertanyaan yang dimunculkan oleh masyarakat yang dipicu oleh perasaan tidak simpati dengan keberadaan yang tidak bermanfaat dalam kehidupan mereka  (baca : masyarakat). Pada bagian ini akan mengemukakan arti penting partai politik untuk menjawab pertanyaan dari yang kegelisahan tersebut.

Meminjam istilah pengamat politik Ari Dwipayana yang menyebutkan partai politik sebagai “setan yang diperlukan” diperlukan namun paling tidak disukai. Dan itu memanglah adanya dibuktikan oleh tingkat ketidakpercayaan masyarakat terhadap partai politik saat ini rendah[1] dikarenakan saat ini partai politik tempat pejabat bertransformasi menjadi penjahat lihat saja partai penguasa saat ini. Namun partai politik itu dibutuhkan demi kelangsungan berdemokrasinya negara ini dan partai politik diyakini sebagai instrument yang strategis terkait dengan perkembangan demokrasi di indoneisa di masa depan. Prakteknya  partai politik di Indonesia tidak semanis pengertiannya seperti yang disampaikan Lili Romlan (2003) dalam bukunya yang mengutip  Longman yang mengatakan bahwa partai politik merupakan media rakyat untuk mengartikulasikan dan mengaktualisasikan kepentingan  dan aspirasinya dari waktu ke waktu. Dan juga tidak seelok yang diutarakan undang undang mengenai partai politik bahwa partai politik adalah organisasi yang bersifat nasional dan dibentuk oleh sekelompok warga negara Indonesia secara sukarela atas dasar kesamaan kehendak dan cita-cita untuk memperjuangkan dan membela kepentingan politik anggota, masyarakat, bangsa dan negara, serta memelihara keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945[2].

Macridis (1988)  mengatakan bahwa didalam masyarakat modern partai politik menjadi fenomena umum dalam kehidupan politik. Partai politik sebagai suatu asosiasi politik yang mengaktifkan, memobilisasi masyarakat, mewakili kepentingan tertentu dan melakukan pengkaderan yang kemudian melahirkan pemimpin. Partai politiksecara otomatis menjadi suatu instrument penting untuk memobilisasi masyarakat ke dalam kekuasaan negara. Macridis juga mengatakan bahwa tidak ada satupun  system politik yang berlangsung tanpa partai politik.

Berdasarkan Institute for Multyparty Democracy (2006) mengatakan bahwa partai politik dibutuhkan karena Pertama, partai politik adalah kendaraan utama bagi terwujudnya perwakilan politik. Kedua, partai politik adalah mekanisme utama bagi penyelenggaraan pemetintahan. Ketiga, partai politik adalah saluran utama untuk memelihara akuntabilitas demokratis. Seperti yang telah disinggung pada sub bagian pertama bahwa partai politik penting agar terhindar dari negara yang dikuasai oleh rezim dinasti tradisional dan juga dan rezim militer. Namun ini bukan berbicara mengenai keberadaan secara fisik. Koirudin (2004) dalam tulisannya mengatakan sebagaimana salah satu prasyarat dari terwujudnya demokrasi adalah adanya partai politik yang berfungsi maksimal dan efektif sebagai wadah aspirasi politik masyarakat dan sebagai media untuk melakukan bargaining kebijakan  dengan negara (baca: pemerintah). Dari apa yang disampaikan oleh Koirudin tersebut dapat diketahui bahwa dalam sebuah negara yang bercorak demokrasi penting adanya partai politik namun keberadaannya tidak dilihat dalam wujud fisiknya, yang menjadi penting adalah fungsi yang dijalankan oleh partai politik tersebut. Dari paparan tersebut dapat dikatakan bahwa partai politik merupakan suatu kebutuhan bagi masyarakat dan maka dari itu perlu adanya partai politik di Negara ini.


[1] Hasil survey LSI Pada tahun 2010 diketahui bahwa partai politik merupakan institusi yang paling tidak dipercayai  dengan hanya mendapatkan 48 % dibandingkan dengan institusi lain seperti TNI, Presiden, KPK, Polisi, Wakil Presiden, Pengadilan, DPR dan lembaga lainnya.

[2] Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2011 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Partai Politik. Pasal 1 ayat 1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s